Serabi dan Nasi Lengko khas Cirebon

Pergi melancong keluar kota, jangan ketinggalan untuk mencicipi kuliner khas daerah setempat. Kali ini perjalanan saya ke kota udang, Cirebon. Selain Nasi Jamblang yang menjadi khasnya, kota ini memiliki Serabi dan Nasi Lengko. Kedua makanan ini seolah menjadi wajib, saat saya mengunjungi kota ini.

Lain halnya dengan Serabi Notosuman yang manis, Serabi Cirebon punya cita rasa yang berbeda yakni gurih. Serabi yang disebut Serabi Kinca ini, terbuat dari tepung beras. Dinikmati bersama lauk atau gorengan, sungguh perpaduan yang istimewa..

Serabi Kinca


Satu lagi yaitu Nasi Lengko. Nasi yang terdiri dari sayuran tauge dan mentimun, tempe tahu goreng, dengan siraman kuah kacang dan sambal plus kecap manis. Pelengkapnya yaitu kerupuk udang warungan. Selalu rindu untuk menikmati Nasi ini. Berbeda dengan Serabi Kinca dengan rasa sama yang sudah saya temukan di Jakarta, untuk Nasi Lengko saya belum pernah menemukan dengan cita rasa yang sama seperti ini di Jakarta.

Maka tak heran, setiap kali kunjungan ke Cirebon, atau saat ada yang akan datang dari sana, saya minta dibawakan Nasi Lengko.



Nasi Lengko

Komentar